Salah satu syarat kenyamanan berkendara, terletak pada kesiapan komponen di komstir. Bila sedang bermasalah, handling kurang maksimal dan terasa liar saat ditunggangi.
Komstir masalah memang agak susah dilihat lantaran posisinya sembunyi di balik selongsong as komstir. Terutama jika ingin lihat kondisi bola-bola lahernya. Sehingga kita cuma bisa merasakan jika bermasalah.
Gejala umum yang biasa dirasakan setang jadi berat saat diajak berbelok. Bahkan meskipun mur komstir sudah dikendurkan, kemudi tetap gak enak bahkan cenderung liar diajak ngebut. Selain itu, timbul bunyi gledek-gledek kayak setang oblak saat ngerem depan.
Penyebab masalah ini biasanya penggunaan motor terlalu kasar saat lewat jalan rusak. Tambah lagi jika minim perawatan pada bagian itu. Sehingga dudukan bola-bola atau pelor jadi mudah aus.
Saat bola-bola dan mangkuk komstir kering, setang jadi berat karena pelor aus. Efeknya, putaran mur pengikat komstir makin kencang sendiri seiring gerak setang. Untuk mengatasinya ganti satu set laher komstir baru.
Tapi, kalau mangkuk laher masih bagus, cukup ganti bola-bolanya saja. Di pasaran, harga komstir (atas-bawah) dibanderol Rp 80-100 ribuan/set.
Beli yang asli ya. Soale kalau yang imitasi kadang susah dikencangkan. Efeknya ya jadi kendur melulu dan terpaksa harus beli lagi yang asli. Bongkar dan pasang lagi! (motorplus-online.com)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar