Kuncinya ada di kualitas batang pengait agar drum pemidah gigi dan kopling dapat bersinergi
Padahal kalau masalah macam begitu terjadi setelah lama dipakai dan bukan di motor baru, pastinya sangat mudah ditebak. “Jika setelan kopling di bak mesin sudah disetel sampai mentok tapi masih juga susah pindah gigi, artinya ada komponen masalah,” ujar Sri Budianto, mekanik Master Tjendana.
Lanjut Budi, jika masalahnya dari kampas dan pelat kopling biasanya motor kurang bertenaga juga susah waktu menghidupkan mesin. Dan jika dari girboks, sudah pasti bukan cuma tidak mau pindah namun juga berputar. Makanya yang perlu dilacak adalah batang (garpu) pemindah gigi serta komponen penekan kopling di motor bebek.
Misalkan di motor bebek, jika setelan kopling di bak mesin sudah mentok tapi masih sulit pindah gigi, coba periksa komponen penekan kampas kopling di dalam bak mesin. Piranti ini berupa bola-bola yang tugasnya menekan kampas kopling dengan bantuan putaran as persneling.
Tangkai pengait aus dan per lemah mempersulit pindah gigi
“Gejalanya, kadang pers- neling suka balik sendiri meskipun sudah terasa kalau sudah pindah gigi. Sebab pengaitnya belum sempurna memutar drum pemindah gigi. Makanya suka miss. Dan ini juga bisa terjadi di motor sport,” timpal Tommy Bramantya, kepala instruktur dari kursus mekanik HMTC cabang Depok.
Pastikan bola-bola orisinal dan tidak aus
Tidak ada komentar:
Posting Komentar