Telp. 0812 9498 3216 / 021-944 33882 Email : rainbow.stores@yahoo.com
  • home
  • automotive
  • accessories
  • lighting
  • elektro
  • tips
  • sale
  • cara pesan
  • Sabtu, 19 November 2011

    Instalasi Regulator Fullwave Honda Tiger

    Kalo mau di-posting satu-satu modifikasi fullwave (biasa disingkat “FW”), bakal nggak muat blog ini karena begitu bejibun tipe motor yang beredar di sini :D
    Prinsip dasarnya sama … pada alternator fullwave, spul/kumparan/koil pada stator untuk pengisian (charging) nggak boleh ada SATU BAGIAN PUN dari kawat kumparan yang terhubung ke ground/massa/rangka/bodi (floating ground). Jadi, kedua ujung kumparan musti nancap langsung ke regulator FW sebagai input listrik.
    Catatan: yang nggak tau apa itu ALTERNATOR … alternator adalah “pembangkit listrik” yang mengubah energi gerak (kinetis) menjadi energi listrik — Ada juga yang nyebut “Generator (AC)” atau “(AC) Magneto”, karena emang menghasilkan arus AC (Alternating Current, atau arus bolak-balik, kayak listrik PLN). Biasanya putaran rotor (bagian dari alternator) mengikuti putaran mesin, karena memang terpasang pada as mesin :D
    Pada fullwave, nggak ada kumparan yang terhubung ke ground/massa
    Setelah berhasil mengubah alternator ke tipe fullwave (kebanyakan dari halfwave ke fullwave 1-phase), Rectifier/Regulator pun (atau disingkat R/R atau “Regulator” tok, atau kebiasaan dikenal KIPROK — meski kurang pas :D ) musti diganti dengan regulator untuk kelistrikan fullwave. Karena regulator yang umum dipakai adalah regulator Honda Tiger, jadi di artikel ini kita pakai regulator Honda Tiger sebagai acuan :) Mau pakai regulator lain, silahkan, asalkan regulator tersebut didesain untuk kelistrikan fullwave
    Catatan: yang nggak tau apa itu RECTIFIER/REGULATOR … R/R adalah perangkat yang mengubah listrik AC (Alternating Current = arus bolak-balik) dari alternator, menjadi listrik DC (Direct Current = arus searah) — istilahnya RECTIFIED. Sebelum dialirkan keluar, besaran listriknya dibatasi hingga kisaran 14.5V. Setelah itu dialirkan keluar menuju aki dan perangkat listrik lainnya seperti lampu, CDI DC, dkk.
    Regulator Honda Tiger (fullwave 1-phase)
    Lah, trus jalur-jalur kabelnya diubah juga dong? Ya pasti lah! Tapi nggak semua. Diubah gimana? Ya ikuti skema kelistrikan milik Honda Tiger …
    Wiring regulator Honda Tiger
    Nah, gambar di atas adalah skema jalur pengisian (charging) di Honda Tiger. Nggak banyak modifikasi kabel kan? :D
    Jadi, pada dasarnya, modifikasi kelistrikan halfwave ke fullwave (1-phase) pada motor adalah sama … bedanya cuma terletak pada alternator dan warna kabel doang :D
    Kiprok merupakan salah satu komponen penting di motor
    karena supply ke aki yang diatur oleh si kiprok.......

    Kebetulan sharing pengalaman,

    lagi mencoba pake kiprok CP, motor tiger. dimana motor tiger bisa dibilang memiliki kiprok yang baik. dengan system full wave.

    Sekedar share perbandingan hasil tegangan voltage, pemakaian kiprok standar dan kiprok CP.

    ================================================== ==================

    Alat yang digunakan adalah Digital multitester Sanwa - Andrion Series ( stikernya aja )



    Kunci Off - 12.74 V
    Kunci on - 12.51 V
    1000rpm - 13.60 V
    2000rpm - 13.45 V
    3000rpm - 13.54 V
    4000rpm - 13.57 V
    5000rpm - 13.56 V
    6000rpm - 13.60 V
    7000rpm - 13.63 V

    keliatannya setelah rpm itu hampir bergerak tidak jauh Voltasenya.

    Kalau ada waktu, ganti ke kiprok CP adjustable, dan coba dikukur lagi.

    range si kiprok CP katanya 12V-15V. Kalau bisa konstan terus, peralatan lain, lampu, klakson mobil, dan lain2 akan lebih sempurna performanya

    Hasil setelah penggunaaan kiprok CP

    Setelah pasang CP Regulator...
    Standar CP Regulator
    Kunci Off - 12.74 V lupa ukur
    Kunci on - 12.51 V lupa ukur
    1000rpm - 13.60 V 15.00V
    2000rpm - 13.45 V 14.90V
    3000rpm - 13.54 V 14.85V
    4000rpm - 13.57 V 14.80V
    5000rpm - 13.56 V 14.90V
    6000rpm - 13.60 V 14.80V
    7000rpm - 13.63 V 14.85V

    Lengkapnya ......
    Setelah pasang CP Regulator...
    CP Regulator
    Kunci Off - upa ukur
    Kunci on - lupa ukur
    1000rpm - 15.00V
    2000rpm - 14.90V
    3000rpm - 14.85V
    4000rpm - 14.80V
    5000rpm - 14.90V
    6000rpm - 14.80V
    7000rpm - 14.85V
    Bebek atau skuter atau sport rata2 masih menganut sistem Single Wave. Tidak seperti Tiger, FXR, Ninja250 atau Thunder250 yang menganut sistem Full Wave.
    Wasalam …
    yang lainnya:

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar